EVALUASI RAPERDA RPJMD KABUPATEN BULUNGAN TAHUN 2016-2021

Pameran BIMP-EAGA dan IMT-GT di Four Points Makassar
October 21, 2016
Rapat Tim Koordinasi Penyusunan RKPD 2018
January 27, 2017

EVALUASI RAPERDA RPJMD KABUPATEN BULUNGAN TAHUN 2016-2021

Pelaksanaan evaluasi Rancangan Peraturan Daerah RPJMD Kabupaten Bulungan Tahun 2016 – 2021 bertempat di Hotel Crown Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (23/11) lalu.  Acara ini dihadiri oleh Bappeda dan tim penyusun RPJMD Pemerintah Daerah Kabupaten Bulungan beserta tim evaluasi dari SKPD Provinsi Kalimantan Utara antara lain Bappeda; Biro Hukum dan Organisasi; Biro Perekonomian dan Pembangunan; Dinas Kesehatan; Disdikbudpora; Dispertanhut dan Ketahanan Pangan; Din

Sekretaris Bappeda Provinsi Kaltara, H. Abdul Jalil, S.Sos, M.AP membuka acara evaluasi ini. Dikatakan acara ini merupakan proses dalam tahapan penyusunan berdasarkan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tata cara Penyusunan, Pengendalian, Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah; Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah; dan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan,Pengendalian, Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, Pendapatan Daerah; Disperindagkop dan UMKM; Dinas PU dan TR.

Abdul Jalil mengatakan, kegiatan ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan mengingat Evaluasi RPJMD ini memasuki tahun yang ketiga dalam pelaksanaan RPJPD 2005-2025 Pemerintah Kabupaten Bulungan.

”Acara ini merupakan bentuk penyelerasaan agar sejalan dengan program dan kegiatan yang dilaksanakan berhubungan dengan tata ruang dan tata kota agar bisa berjalan dengan baik yang akan disesuaikan pada renstra masing-masing SKPD di Pemkab Bulungan” ungkapnya.

“Evaluasi ini juga tidak lepas dengan penyesuaian terhadap pelaksanaan instansi baru/ OPD (organisasi Perangkat Daerah) untuk bisa diakomodir dalam program dan kegiatan oleh SKPD.” tambahnya.

“Harapan dari pelaksanaan acara ini adalah bisa berjalan dengan efisien dan efektif serta mampu melakukan penyempurnaan sesuai dengan saran dan masukan berdasarkan hasil penyampaian yang telah disepakati” tutupnya.

Selanjutnya tim penyusun RPJMD Kabupaten Bulungan menyampaikan paparan yang diwakili oleh Kepala Bappeda Kabupaten Bulungan. Beliau mengakui bahwa Pemkab Bulungan mengalami keterlambatan dalam proses penyusunan, namun penyusunan ini telah melalui tahapan berdasarkan Permendagri Nomor 54 tahun 2010 dan tidak ingin mengambil jalan pintas. Paparan tersebut mencakup sistematika penyusunan RPJMD yang terbagi menjadi 10 Bab. Selain itu, disampaikan juga bahwa akan dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Renstra yang akan dilaksanakan tanggal 28 November sebagai kesiapan untuk menyeleraskan RPJMD dengan renstra masing-masing SKPD, hal ini juga berdasarkan audit BPK yang mengharuskan sinkronisasi Renstra dan RPJMD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *