Evaluasi RPJMD Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2016-2021

Rapat Tim Koordinasi Penyusunan RKPD 2018
January 27, 2017
Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2018
February 24, 2017

Evaluasi RPJMD Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2016-2021

Sesuai Pasal 264 UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dokumen perencanaan dapat diubah apabila berdasarkan hasil pengendalian dan evaluasi tidak sesuai dengan perkembangan keadaan atau penyesuaian terhadap kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Sehubungan dengan itu, tanggal 3 Februari 2017 bertempat di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Kaltara, diselenggarakan kegiatan Evaluasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2016-2021. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Provinsi Kalimantan Utara, Drs. H. Badrun, M.Si. Bertindak selaku moderator adalah Kepala Bappeda dan Litbang, Ir. Fredrick Ellia Gugkang, MA dan menghadirkan narasumber Ibu Nita Yiswa, ST, M.Si. Undangan yang hadir terdiri dari perwakilan seluruh Perangkat Daerah dan Tim Penyusun RPJMD.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menilai sejauh mana konsistensi perencanaan dan penganggaran tahun 2017 sebagai tahun pertama RPJMD. Hasil evaluasi ini akan menjadi bahan masukan bagi perubahan RPJMD Provinsi Kaltara berdasarkan Perangkat Daerah baru. Sebagaimana diketahui bahwa Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 061/2911/Sj Tahun 2016 tentang Tindak Lanjut PP Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah mengamatkan agar Daerah segera melakukan penyesuaian terhadap dokumen perencanaan pembangunan daerah. Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah mengucapkan terima kasih kepada Bappeda dan Litbang karena telah memprakarsai pelaksanaan kegiatan. Beliau berharap agar perubahan RPJMD dapat segera dilaksanakan agar seluruh Perangkat Daerah memiliki panduan dalam penyusunan Rencana Strategis Perangkat Daerah (Renstra PD). Rencananya hasil evaluasi RPJMD akan segera difinalkan dan diserahkan kepada masing-masing Perangkat Daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *