RAPAT KOORDINASI TEKNIS PEMBANGUNAN DALAM RANGKA PENYELARASAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN NASIONAL DAN DAERAH TAHUN 2018

Acara ini dilaksanakan oleh Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah bekerjasama dengan Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Nasional, mulai tanggal 27 Februari 2017 sampai dengan tanggal 3 Maret 2017 bertempat di Ballroom Hotel Grand Clarion Makassar Sulawesi Selatan. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Tjahjo Kumolo, turut hadir dalam acara pembukaan Rakontek Bapak Gubernur Sulawesi Selatan.
Bapak Tjahjo Kumolo menekankan pemerintah daerah untuk terus melakukan sinergi dengan pemerintah pusat. Hal ini menurut Mendagri guna mendorong percepatan target pembangunan nasional serta untuk mewujudkan pembangunan yang berkualitas.
Mendagri juga mengarahkan perlunya sinkronisasi antara program pemerintah kabupaten/kota pemerintah propinsi dan pemerintah pusat, sehingga program strategis ditingkat pusat menyentuh daerah serta begitu pula sebaliknya, daerah harus mendukung program strategis pusat.
Mendagri mengajak setiap daerah untuk bersama-bersama memperkuat pembangunan nasional dengan mewujudkan pembangunan infrastruktur yang mampu memberikan daya ungkit sektor-sektor unggulan di daerah. Pembangunan infrastruktur yang berkualitas tentu akan berujung pada kesejahteraan masyarakat.
“Tanpa infrastruktur yang memadai dan berkualitas, mustahil target pembangunan tercapai,” ungkap Mendagri. Mendagri berharap dalam Rakortek ini setiap perencanaan teknis yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah adanya pengendalian yang baik terhadap anggaran dan pelaksanaan pekerjaan.
“Saya berharap hasil dari Rakortek ini dapat menjadi pedoman bagi penyelarasan dokumen rencana pembangunan nasional dengan dokumen rencana pembangunan daerah, sehingga program nasional yang telah direncanakan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia dalam Nawa Cita dapat terimplementasi mulai dari tingkat Nasional hingga Desa,” tutur Mendagri.
Pada hari kedua pelaksanaan kegiatan, Bapak Menteri PPN/Bapenas, Bapak Prof. Bambang Brodjonegoro memberikan pengarahan tentang rancangan kerja pemerintah tahun 2018 ( RKP 2018 ) terdapat 10 program nasional dan 30 program prioritas nasional. Kementrian PPN/Bappenas berharap dalam kegiatan ini dapat dilakukan penyelarasan program kegiatan antara pemerintah kabupaten/kota, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Penyelarasan dapat dilakukan dengan mengisi aplikasi – aplikasi yang telah dikembangkan oleh Kementrian PPN/Bappenas untuk memudahkan dan mempercepat sinkronisasi program – program.
Bapak Menteri PPN/Bappenas berharap pemerintah provinsi melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dapat memfasilitasi usulan – usulan program kegiatan pemerintah provinsi, pemerintah Kabupaten/Kota yang akan dibiayai APBN pada tahun 2018 dengan memanfaatkan aplikasi – aplikasi yang telah ada.
Kegiatan ini diikuti pula oleh Kementrian/Lembaga Pemerintah dalam desk – desk yang membahas program dan usulan – usulan dengan perwakilan pemerintah provinsi  
Kegiatan ini diikuti oleh 16 Provinsi di wilayah Indonesia Bagian Timur. Provinsi Kalimantan Utara dihadiri oleh Bappeda dan Litbang, Dinas PUPTR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Biro Perbatasan dan Bappeda dan Litbang Kabupaten Nunukan.

menubawah2


E-Planning

Sistem Informasi Perencanaan dan Pembangunan Daerah KALTARA


E-Monev

Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pembangunan KALTARA


Portal Terpadu

Dashboard Ringkasan Semua Data Bappeda Kaltara


Simtaru

Sistem Informasi Tata Ruang Provinsi Kalimantan Utara


Aplikasi Mobile

Sistem Informasi Government Berbasis Aplikasi Mobile


E-Budgeting

Sistem Informasi Penyusunan Anggaran Kegiatan