Pameran BIMP-EAGA dan IMT-GT di Four Points Makassar

Makassar - Pelaksanaan kegiatan The 3rd BIMP-EAGA and IMT-GT Trade Expo, Business Conference and Business Matching 2016 diadakan pada tanggal 14 – 16 Oktober 2016 bertempat di Sheraton Hotel Makassar.

            Konferensi tingkat regional Brunei Darussalam - Indonesia - Malaysia - Philipines East ASEAN Growth Area (BIMP - EAGA) di Hotel Four Points by Sheraton Makassar di buka langsung oleh Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia HM Jusuf Kalla dengan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Darmin Nasution, Menteri Unit Perancangan Ekonomi Malaysia Dato Abdul Rahman Dahlan, Ketua Pembangunan Mindanao sebagai perwakilan Filipina Datu Abul Khayr Alonto, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto.

            Dalam sambutannya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Darmin Nasution menjelaskan tujuan digelarnya forum BIMP - EAGA, yang tahun ini dirangkaikan dengan Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT – TG) bahwa “Dalam wilayah Negara ASEAN terdapat beberapa kerjasama sub regional, yang tujuan utamanya untuk mengurangi kesenjangan pembangunan antar wilayah sub nasional dan untuk memperkuat perdagangan lintas batas serta mempromosikan perdagangan, investasi dan pariwisata,”

            BIMP - EAGA pada tahun ini di Makassar mengangkat tema besar “Strengthening the ASEAN Maritime Economic Corridor and Food Security". Latar belakang dari pemilihan tema tersebut bahwa wilayah yang masuk dalam kerjasama ekonomi sub regional ini umumnya adalah wilayah kepulauan sehingga sangat tepat apabila diangkat tema penguatan sektor maritim dalam mendukung tujuan kerjasamanya. Sedangkan permasalahan ketahanan pangan juga menjadi perhatian semua Negara ASEAN.

                 Digelar hingga 16 Oktober, BIMP - EAGA dan IMT - TG diisi dengan sejumlah acara inti. Terdapat pameran perdagangan dengan melibatkan 236 stan produk unggulan dari sektor kemaritiman, terutama perikanan dan kelautan dan pertanian. Juga konferensi bisnis sebagai forum diskusi dan tukar pengalaman yang akan dihadiri lebih dari 400 peserta dengan pembicara dari berbagai pemangku kepentingan di dunia usaha, akademisi, pemerintah, dan perwakilan negara mitra.

                 Melihat serangkaian acara tersebut di atas maka dengan partisipasi Provinsi Kalimantan Utara dalam kegiatan ini akan memberikan beberapa manfaat :

1.     Memperkenalkan makanan-makanan tradisional, seni dan budaya serta potensi SDA Kalimantan Utara ke dunia Internasional

2.     Membuka peluang investasi di bidang SDA dan keindahan budaya serta alam Provinsi Kalimantan Utara sehingga menarik para investor lokal maupun asing untuk menanamkan modalnya.

3.     Diharapkan juga dapat menjadi wadah bagi para pelaku usaha yang ada di dalam BIMP-EAGA dan IMT-GT untuk saling berbagi strategi bisnis. 

 

 

There is 1 Comment

Add new comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
3 + 4 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

menubawah2


E-Planning

Sistem Informasi Perencanaan dan Pembangunan Daerah KALTARA


E-Monev

Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pembangunan KALTARA


Portal Terpadu

Dashboard Ringkasan Semua Data Bappeda Kaltara


Simtaru

Sistem Informasi Tata Ruang Provinsi Kalimantan Utara


Aplikasi Mobile

Sistem Informasi Government Berbasis Aplikasi Mobile


E-Budgeting

Sistem Informasi Penyusunan Anggaran Kegiatan